March 1, 2024

Minecraft, permainan blok yang membuat ketagihan

1 min read

Dunia Minecraft memang susah dimengerti konsepnya oleh para orang tua. Namun video game itu sudah sedemikian populer di kalangan anak-anak dan remaja hingga menyandang predikat sebagai video permainan yang paling banyak ditonton di Youtube.

Menurut situs berbagi video itu, permainan yang memungkinan pengguna merancang dunia dari blok-blok – mirip dengan Lego – itu menjadi kata kunci yang paling dicari setelah “music”.

Temuan itu mengonfirmasi penelitian sebelumnya yang dilakukan perusahaan riset video YouTube, Newzoo dan Octoloy, yang menemukan video dengan tema Minecraft ditonton lebih dari 3,9 miliar kali pada Maret 2015 saja.

Mungkin ini tidak mengejutkan bagi para orang tua yang anak-anaknya ‘kecanduan’ Minecraft. Permainan itu sungguh membuat mereka ketagihan sehingga sulit mengajak mereka bermain sepeda, memancing, mengunjungi taman, dan kegiatan lainnya.

Fenomena keputusasaan orang tua dengan antusiasme/obsesi/kecanduan anak-anak mereka terhadap Minecraft tidak asing lagi.

Dalam berbagai tulisan dan artikel online, mereka mengeluh bahwa permainan ini mengambil alih kehidupan anak-anak mereka. Pekerjaan rumah, tugas, dan tidur pun diabaikan asal bisa terus bermain.

Hal ini menyebabkan beberapa orang tua melarang atau membatasi waktu bermain Minecraft.

Seorang ayah, menjelaskan keputusannya untuk membatasi jam main putra kembarnya karena, “Minecraft, seperti semua game adiktif lainnya, tidak ada habisnya. Sedangkan masa kanak-kanak kedua putra saya ada batasnya. Saya ingin mereka belajar tentang dunia nyata, bukan dunia yang virtual.”

Namun beberapa orang tua lainnya tidak keberatan melihat anak-anak mereka bermain game itu – setidaknya mereka melakukan sesuatu agak kreatif.

Tapi mereka juga kebingungan melihat anak menghabiskan berjam-jam menonton orang lain bermain Minecraft. Itu mereka anggap obsesi tingkat tinggi.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.